5 Cara Membangun Karakter Anak Usia 5 Tahun ke Bawah dengan Mudah

5 Cara Membangun Karakter Anak Usia 5 Tahun ke Bawah dengan Mudah

Pada masa pertumbuhan, anak-anak sangat membutuhkan peran orang tua dan orang-orang di sekitarnya untuk membangun karakternya. Karakter anak sangat penting untuk dibentuk sejak dini karena akan membentuk karakter anak hingga dewasa. Oleh karena itu, orang tua perlu tahu cara membangun karakter anak dengan dimulai dari hal-hal yang ringan.

Anak-anak sangat mudah dalam meniru apa yang terjadi di sekitarnya. Sehingga sebagai Ibu atau orang  yang paling sering mendampingi harus bisa memberikan contoh terlebih dahulu sebelum mengajarkan sesuatu pada si kecil.

Cara Membentuk Karakter Sejak Dini

Kemudian selain memberikan contoh, orang tua atau pendamping bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk membentuk karakter si kecil yang masih berusia di bawah 5 tahun:

  1. Mengajari Anak untuk Disiplin

Sebaiknya orang tua tidak menyepelakan karakter disiplin pada anak. Hindari beranggapan bahwa wajar saja jika anak-anak berperilaku demikian atau kurang disiplin. Tapi hal ini akan berdampak buruk dan membentuk karakter yang kurang baik.

Maka dari itu, sebagai orang tua Anda perlu mencontohkan bagaimana perilaku disiplin terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa mengajak anak untuk berperilku seperti itu. Latih anak agar disiplin melalui hal-hal terkecil dulu. Misal, disiplin dalam jam tidur, sikat gigi, cuci tangan dan kaki sebelum tidur, disiplin mencuci tangan sebelum makan, dan lain-lain.

  1. Melatih Jiwa Tanggung Jawab Anak

Cara selanjutnya dalam membentuk karakter anak yaitu membangun karakter tanggung jawab. Ketika anak sudah bisa memahami dan mengikuti apa yang orang tua ajarkan, latihlah karakter tersebut.

Anda bisa melatihnya dengan menyuruhnya membereskan mainannya setelah selesai bermain, atau ajak anak membereskan peralatan makannya setelah selesai makan, dan contoh-contoh kecil lainnya.

  1. Melatih Kesabaran Anak

Karakter selanjutnya ini bertujuan untuk mengontrol emosi anak. Dengan melatih kesabarannya, anak akan berlatih dalam mengendalikan amarah, kecewa, dan emosi lainnya. Cara untuk melatihnya bisa dengan meminta anak bersabar menunggu makanan selesai dimasak, sabar menunggu Ibu selesai mengerjakan sesuatu jika anak meminta suatu hal, dan cara-cara lainnya.

  1. Meningkatkan Rasa Empati dan Menanamkan Kebaikan Hati

Selain beberapa karakter di atas, orang tua juga sebaiknya melatih si kecil dalam menumbuhkan serta meningkatkan rasa empatinya terhadap orang lain. Ajari juga si kecil untuk selalu berbuat baik dan saling mencintai, baik terhadap keluarga, teman, dan hal lainnya.

Cara membentuk karakter tersebut bisa dengan hal kecil seperti saling menyayangi terhadap saudara dan teman-teman, atau belajar merawat atau menyayangi hewan peliharaan.

  1. Melatih Anak untuk Menepati Janji

Jika Anda ingin membentuk anak menjadi diri yang menepati janji, orang tua juga harus ikut andil dalam mencontohkan dan menuntunnya. Orang tua bisa melatihnya dengan cara menguji anak dalam menepati perkataannya. Misal, si kecil boleh bermain ponsel tapi hanya 1 jam, atau anak boleh membawa mainannya ke luar rumah asalkan ia bersedia untuk membersihkannya.

Demikian beberapa cara membentuk karakter anak pada usia dini. Bentuk dan latih karakter tersebut menjadi lebih baik  tanpa harus memaksanya sehingga anak tidak akan merasa tertekan dan  didikte.